Minggu, 20 Juli 2014

[Fanfict] Senyum Veranda Inspired By : @veJKT48

Veranda JKT48
Suasana pagi ini terasa begitu dingin menusuk tulangku. Mungkin karena hujan besar melanda ibu kota sehingga pagi ini terasa begitu dingin. Mungkin juga inilah salah satu alasan mengapa badan ini terasa begitu berat untuk beranjak dari kasurku ini. Padahal hari ini jadwal kuliah pagi telah menungguku dan dosen mata kuliah ini termasuk dosen yang sangat disiplin dan tidak dapat mentolelir keterlambatan mahasiswanya. Segera kukumpulkan semangatku untuk segera berangkat ke kampus. Setelah mandi dan berpakaian rapi kupacu scooter kesayanganku menuju kampus yang jaraknya tidak begitu jauh dari tempak kos-ku.
“Woyyy…..dit,gwe nebeng dong” teriak seorang gadis di belakangku
“Lu kuliah pagi juga nal ??” tanyaku pada Kinal tetangga kos-ku
“Iya nih,cepetan ya udah mau telat nih” jawab Kinal
“Makanya jangan keseringan nonton dorama sampe pagi” kataku
“Ya elah,tau aja lu. Cepetan gih berangkat” jawab Kinal
“Ok deh,pegangan yang kenceng. Gwe mau ngebut” jawabku
“Bilang aja mau minta peluk” goda Kinal
“Yeee,mau cepet ga ???” jawabku ketus
“Iya…iya ati-ati nyetirnya” kata Kinal
Kamipun berangkat kekampus berboncengan. Kinal memang sering berangkat ke kampus bersamaku. Tempat kos kami memang berdekatan dan aku sering meng-copy koleksi dorama-nya jadi kami cepat akrab. Setelah mengantar kinal ke kampusnya aku segera menuju ke kampusku. Gedung kuliah kami memang agak berjauhan karena kami berada di jurusan yang berbeda. Setelah memarkir scooter-ku aku langsung segera berlari ke kelasku yang berada di lantai 3 karena kuliah akan dimulai 10 menit lagi. Sesampainya dikelas terlihat hanya beberapa mahasiswa saja yang masuk.
“Tot,pak broto ga ada ???” tanyaku pada Gatot teman sekelasku
“Ga masuk,tadi cuman ngasih tugas kecil buat minggu depan” jawabnya
“Ahhh…. Tau gini mendingan gwe tidur di kosan” kataku kesal
“Ke kantin aja yuk,laper nih” ajak Gatot
“Ayo deh,gwe juga belum sarapan” jawabku
Kami pun pergi ke kantin kampus. Kantin kampus kami cukup besar karena digunakan oleh beberapa jurusan sekaligus. Saat tengah makan tiba-tiba mataku tertuju pada seorang gadis yang tengah membaca novel sendirian.
“Eh,tot siapa tuh ??” tanyaku
“Mana ??” jawab Gatot
“Tuh yang duduk dipojokan baca buku” kataku
“Ga kenal tuh. Mungkin anak desain komunikasi visual,soalnya gwe jarang kenal anak situ” jawab Gatot
“Ohhhh…. Kirain lu kenal juga kan lu orangnya banyak kenalan” kataku
“Lu naksir ya ?? Ajak kenalan aja” kata Gatot
“Naksir ? Ga juga tuh. Gwe cuman asing aja lihat tuh cewe kan kita sering nongkrong disini” jawabku ngeles
“Naksir juga ga papa kali dit,mumpung lu masih jomblo hahahaha” ejek Gatot
“Yeee,ga usah bawa status segala kali” jawabku
Tapi gadis itu memang cukup cantik dan entah mengapa jantungku berdebar tiap kali menatapnya . Mungkin inilah yang sering dikatakan pujangga sebagai cinta pada pandangan pertama. Cukup lama aku dan Gatot di kantin,selain karena kuliah memang baru mulai 2 jam lagi aku pun masih penasaran dengan gadis itu.
Brrrrrrrrt…..brrrrrrrrt…….
“Dit lu dimana ?? Ga ada dosen nih males gwe”
” Gwe di kantin kesini aja”
“Dari siapa ??” tanya Gatot
“Ini Kinal,dia juga ga ada dosen. Gwe ajak kemari aja” jawabku
“Nahh,gitu dong kan gwe jadi bisa PDKT sama dia hehehe” kata Gatot
Gatot memang suka dengan kinal sejak aku perkenalkan dulu. Mungkin Gatot juga mengalami apa yang dinamakan cinta pada pandangan pertama. Sesaat kemudian kinal pun datang tapi bukannya menyapa kami dia malah berlari melewati kami dan malah duduk bersama gadis tadi. Sesaat kemudian dia kembali kearah kami bersama gadis itu.
“Eh,semua kenalin nih temen gwe waktu SMA dulu namanya Jessica Veranda” kata kinal
<p style=”text-align: justify; text-indent: 0.5in;”>Kusodorkan tanganku untuk menyalaminya dengan malu-malu gadis itupun menyambut tanganku. Jantungkupun berdegup kencang selama kami bersalaman, mungkin memang benar inilah yang namanya cinta.
“Hai,nama gwe Adit” sapaku
“Veranda panggil aja Ve” jawab gadis itu
“Gwe Gatot” sapa Gatot sambil melambaikan tangan
“Eh,Ve ikut ngumpul disini aja ya. Ga enak kan kamu sendirian disana” ajak Kinal
“Yes…… Pinter banget lu nal” ucapku dalam hati
Veranda hanya mengagguk dan duduk disebelah Kinal tepat didepanku. Sesaat kemudian meja kami pun mulai dipenuhi dengan obrolan antara Kinal dan Gatot. Perpaduan antara Kinal yang bawel serta Gatot yang pinter ngobrol akhirnya menguasai percakapan di meja kami. Sesekali aku melihat kearah Veranda yang sekarang ada di depanku cantik sekali ternyata jika terlihat dari dekat.
“Kamu suka baca novel ya ??” tanyaku ke Ve
“Suka,emang kamu suka baca juga ??” tanya Ve
“Suka sih,tapi bacanya bukan novel aku suka baca subtitle dorama” jawabku
“Hahahahah…..kamu lucu juga ya” kata Ve
“Hehehehehe…. Kamu jurusan mana ??” tanyaku
“Aku jurusan desain komunikasi,kalo kamu ??” jawab Ve
“Aku di teknik mesin kok” kataku
Perbincangan kami pun berlanjut lama hingga akhirnya kami harus kembali ke kampus untuk masuk kuliah. Selama ngobrol dengan Ve aku merasa dia adalah gadis yang cukup pemalu, karena tiap kali kami saling bertatapan Veranda selalu mencari perhatian ke arah lain. Mungkin dia tidak ingin terlalu lama menatap mataku dan entah apa alasannya aku pun tidak tahu. Aku memang termasuk lelaki yang tidak peka terhadap perasaan perempuan. Dari dulu aku jarang sekali ngobrol dengan perempuan dan akhirnya aku sekarang malah sering canggung jika ngobrol dengan perempuan. Beda lagi dengan kinal,mungkin karena sifatnya yang agak sedikit tomboy yang membuatku tidak merasa canggung saat bersamanya sehingga kami sangat cepat akrab.
Dari hari kehari kami pun mulai akrab,kini aku juga telah memiliki nomor HP Veranda sehingga kami jadi lebih sering berhubungan lewat sms. Suatu hari di akhir pekan Gatot berencana untuk menyatakan cintanya pada Kinal dan dia meminta bantuanku dan Veranda untuk menjalankan rencananya. Kami berempat pergi bersama ke taman kampus untuk menjalankan rencananya menyatakan cinta ke Kinal.
Disalah satu bangku taman itu telah disiapkan oleh Gatot untuk melancarkan aksinya. Didepan bangku itu telah disiapkan sebuah lampu LED berbentuk hati dengan tulisan “will you be mine” didalamnya. Aku dan Verandalah yang bertugas untuk menyalakannya.
“Ntar kalo gwe ngasih kode lu nyalain ya lampunya” pinta Gatot
“Ok deh. Gitu aja sih gampang” kataku
“Inget kalo gwe dehem tiga kali lu nyalain lampunya” kata Gatot
“Ok siip.good luck yeee” jawabku
“Lu juga good luck ya sama Veranda hehehe” bisik Gatot
Aku pun hanya tersenyum kecil. Saat dianggap waktunya pas aku pun mengajak Veranda pergi meninggalkan Kinal dan Gatot. Kami berdua segera bersembunyi di balik semak dekat bangku mereka berdua. Disana telah disiapkan saklar unruk menyalakan lampu LED buatan Gatot. Cukup lama mereka ngobrol disana,entah apa yang dibicarakan mereka berdua tidak bisa mendengarnya. Malam mulai dingin kulihat Veranda yang berada disampingku terlihat kedinginan,mungkin karena dia tidak membawa jaket. Naluri lelaki muncul di pikiranku,segera kulepas jaketku dan kuberika ke Veranda.
“Nih,kamu pake ini aja. Dingin kan ??” kataku
“Terus kamu gimana ???” jawab Veranda
“Udah ga apa-apa,gini-gini aku tahan banting kok” jawabku
<p style=”text-align: justify; text-indent: 0.5in;”>Sekilas senyum kecil terukir di wajahnya dan dia pun segera mengenakan jaket milikku. Sesaat kemudian kode dari Gatot telah keluar seketika itu pula kunyalakan saklar dan lampu di depan bangku mereka pun menyala. Sesaat kemudian terlihat senyum Kinal diikuti teriakan keberhasilan dari Gatot. Senang rasanya melihat temanku bahagia.
“Eh,dit kita pulang duluan yuk. Ga enak gangguin mereka” ajak Veranda
“Ayuk….. Aku anter pulang ya ?” jawabku
“Boleh….” jawab Veranda. Selama perjalanan menuju pulang kami hanya saling diam tanpa kata. Aku tidak tau harus mulai ngobrol dari mana.
“Ah,sial gwe kudu ngomong apaan nih ??” kataku dalam hati
“Ternyata si Gatot bisa juga ya jadi cowok romantis” kata Veranda
“Hehehehehe…..biarpun wajahnya serem kayak preman pasar Gatot itu sebenernya hatinya baik kok” jawabku
“Terus kamu sendiri ???” tanya Veranda.
“Maksudnya ??” tanyaku kebingungan
“Kamu sendiri bisa nggak jadi romantis kayak Gatot ??”
“Ehm….kalo aku mungkin ga bisa kayak Gatot aku selalu canggung kalo didepan cewek,mungkin baru kamu sama Kinal aja cewek yang nyambung kalo ngobrol sama aku” jawabku
“Canggung kenapa ?? ” tanya Veranda
“Ya,aku sering aja pas mau ngomong sama cewe tapi ga tau harus ngomong apaan” jawabku
“ohhh…….tapi kok kamu sama Kinal bisa akrab gitu ???” tanya Veranda
“Mungkin karena Kinal agak tomboy yang bikin aku jadi nyaman kalo ngobrol sama dia” jawabku
“Jangan-jangan kamu juga suka sama Kinal ??”
“Nggak juga kok Ve, aku memang nyaman saat sama Kinal tapi aku malah lebih seneng kalo sekarang Kinal sama Gatot” kataku.
Sekilas terukir senyum kecil di wajah Veranda,entah apa arti senyum itu aku tidak tahu sama sekali. Sepanjang perjalanan pulang kami ngobrol panjang lebar tentang banyak hal. Mungkin inilah obrolan terlamaku dengan seorang gadis selain Kinal. Rasa nyaman yang diberikan Veranda menghilangkan rasa canggungku saat bersamanya. Sesampainya di tempat kos Veranda kami berpisah dan aku berjalan sendirian menuju tempat kos-ku. Diperjalanan udara begitu dingin menusuk tulangku hingga seluruh badanku menggigil kedinginan. Aku baru sadar ternyata jaket yang kupinjamkan Veranda ternyata belum dia kembalikan. Alhasil aku akhirnya jatuh sakit keesokan harinya.
Pagi harinya badanku terasa lemas semua,mungkin karena demam ini aku badanku menjadi lemas. Beruntung bagiku ada Gatot dan Kinal yang menjengukku.
“Tot,sorry ya gwe malah jadi ngerepotin lu” kataku
“Selow aja dit,lu jadi gini kan juga karena gwe. Gwe seharusnya yang minta maaf ke lu” jawab Gatot
“Hahaha. Bener juga ya,tapi gwe tetep seneng kok dua temen gwe bisa bahagia. Eh kinal mana ? Katanya lu kemari sama Kinal”
“Tadi dia minjem bentar motor gwe, ga tau mau kemana” jawab Gatot. Sesaat kemudian Kinal datang sambil membawa bungkusan putih.
“Hai,dit gimana udah baikan belum ?” tanya Kinal
“Ya gini deh badan lemes semua nal” jawabku
“Makannya kalo tau dingin ga usah sok-sok.an minjemin jaket ke cewek kayak di dorama. Akhirnya sakit kan” ejek Kinal
“Lu tau dari mana gwe minjemin jaket ??” tanyaku penasaran
“Tau lah, nih yang minjem jaket dateng” kata Kinal
Veranda pun muncul dari balik pintu dengam wajah sedihnya.
“Dit,maaf ya gara-gara aku kamu jadi sakit” kata Veranda
“Nggak apa-apa kok,masih mending aku yang sakit kok daripada kamu yang sakit” jawabku
“Cieeeee….tumben amat bisa romantis dit” goda Kinal
“Hasil nonton dorama kali” tambah Gatot
“Kamu udah makan belum ? Ini aku bawa bubur ayam kamu makan ya ?” kata Veranda
“Aduh,aku lagi ga nafsu makan nih. Rasanya ga enak aja kalo dibuat makan” jawabku
“Udah Ve,suapin aja tuh. Kalo masih nolak biar gwe yang jitak” kata Kinal
“Iya deh,aku suapin ya ?”
Veranda langsung membuka bungkusan bubur dan segera menyuapiku. Seakan terhionotis akhirnya ku makan bubur itu. Suap demi suap kulahap bubur ayam itu hingga habis.
“Tuh kan habis,kelihatan modusnya hahahahaha” goda Kinal
“Siapa dulu yang ngajari,gwe gitu lohhh” tambah Gatot
“Apaan sih,awas aja lu kalo gwe udah sembuh” jawabku
“Udah biarin aja mereka,nih makan jeruknya” kata Veranda sambil menyuapkan jeruk padaku
“Nal,aku pengen dong disuapin jeruk kayak si adit” kata Gatot
“Kalo mau kayak gitu kamu sakit dulu gih” ejek Kinal
“Hahahahahaha…bener tuh sakit dulu gih” tambahku
“Sumpah ngiri banget gwe dit sama lu” kata Gatot
“Udah deh,mending kita makan siang yuk” ajak Kinal
“Tapi suapin ya…pliiisss” rengek Gatot
“Ehmm….gimana ya…?? Udah yuk makan dulu aja” jawab Kinal
“Ya udah deh,dit gwe cabut dulu ya. Ve kamu disini dulu aja ntar pulangnya biar dianter Kinal” kata Gatot. Akhirnya Gatot dan Kinal meninggalkan kami berdua. Veranda pun masih terus menyuapiku dengan buah jeruk tadi.
“Sekali lagi aku minta maaf ya dit,gara-gara aku kamu jadi sakit kayak begini” kata Veranda
“Udah nggak apa-apa kok. Lagian ini kan cuma demam biasa kok” jawabku
“Tapi aku beneran takut kalo kamu kenapa-kanapa” kata Veranda
“Justru aku yang lebih takut ada apa-apa sama kamu” jawabku
“Maksud kamu” tanya Veranda
“Aku bakalan lebih sedih lagi Ve kalo kamu yang sakit” jawabku
“Thanks ya dit” kata Veranda
“Harusnya aku yang terima kasih sama kamu Ve,terimakasih karena kamu udah bikin aku nyaman sama kamu”
Veranda kembali tersenyum,mungkin inilah senyum terindah yang pernah kulihat. Begitu hangat senyumnya hingga jantungku menjadi berdegup kencang.
“Nah gitu dong,kalo kamu sedih aku juga ikut sedih” kataku
“Iya deh…. Hehehehehe” jawab Veranda
“Aku sayang kamu Ve dan aku janji Ve bakal menjaga senyum kamu Ve,karena itu mau nggak kamu nerima cinta aku ??”
Entah darimana tiba-tiba saja kata-kata itu keluar dari mulutku. Sesaat itu juga Veranda hanya diam dan menunduk. Bingung dengan sikap Veranda kini malah aku yang menjadi salah tingkah. Melihat tingkahku yang kebingungan Veranda kembali tersenyum.
“Terima kasih ya dit,aku juga janji kok bakal bikin kamu seneng terus dan ga akan bikin kamu sakit lagi” jawab Veranda
“Jadi kamu……”
Veranda pun hanya mengagguk pelan sambil tersenyum malu. Aku bagaikan terbang kelangit ke tujuh saat menyadari bahwa cintaku diterima.
“Udah gih,buruan dimakan jeruknya biar cepet sembuh” perintah Veranda
“Ehm,ve kayaknya aku bakal tambah cepet sembuhnya kalo kamu yang nyuapin deh. Hehehehe” kataku
“Ihhhh apaan sih,baru aja jadian udah manja aja kamu” jawab Veranda
“Hehehehe,kan biar cepet sembuh Ve” kataku
“Yaudah sini buka mulutnya” perintah Veranda
“Cieeee,yang suap-suapan mulu dari tadi” Goda Gatot yang ternyata sudah kembali bersama Kinal
“Namanya juga lagi sakit Tot hehehe” jawabku
Hari itu merupakan hari terindah dalam hidupku dan hari-hari berikutnya hubunganku dan Veranda semakin dekat hingga pada saat seminggu sebelum hari ulang tahun Veranda aku berencana membuat pesta kejutan untuk Veranda. Dengan bantuan Kinal dan Gatot akhirnya segala persiapan telah selesai. Aku berencana membawa Veranda ke sebuah bukit kecil dan disitulah kami akan merayakan ulang tahun Veranda.
Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun datang. Aku telah berjanji pada Veranda untuk membawanya pergi ke suatu tempat dan Veranda pun hanya menurut tanpa bertanya.
“Eh tot,semuanya udah siap kan ?” tanyaku pada Gatot
“Udah dit,tenang aja semua udah siap disana. Tinggal lu siap nggak?” jawab Gatot
“Ga tau juga nih,gwe kok malah yang jadi gugup gini ya ???” kataku
“Hahahahahaha…gitu aja gugup. Gimana ntar lu mau ijab kabul sama Veranda kalo cuman bikin kejutan gini aja lu gugup” ejek Gatot
“Hahahahahaha… Bener juga lu” jawabku
Jam kuliah pun berakhir,kami semua bersiap untuk pergi ke bukit yang sudah kami rencanakan. Tapi aku lupa akan satu hal,bunga yang kupesan tempo hari belum kuambil.
“Eh tot,bunga pesenan gwe belum diambil. Gwe ambil dulu ya,Veranda biar berangkat bareng Kinal” kataku
“Oke deh,gwe tunggu disana” jawab Gatot
Segera kupacu scooter-ku menuju toko bunga dekat kampus. Setelah mengambil bunga segera kupacu kendaraanku menuju bukit namun malang bagiku jalanan yang licin membuatku kehilangan kendali dan akhirnya tubuhku terhempas ke trotoar. Seketika itu pula aku kehilangan kesadaranku.
Saat kubuka mataku ternyataternyata aku yelah berada disebuah ruangan yang besar. Ruangan ini behitu terang hingga menyilaukan mataku. Sesaat kemudian datang seorang lelaki dengan pakaian serba putih. Lelaki itu menghampiriku dan menyapaku.
“Adit,mari ikut aku…..” kata lelaki itu
“Siapa kamu ? Dimana aku ? Mau kemana kita ?” tanyaku
“Nanti kamu akan tau,sekarang mari ikut aku” jawab lelaki itu
Lelaki itu pun pergi menuju sebuah pintu,saat dibuka seberkas cahaya terang datang dari ruangan dibalik pintu itu. Seakan terhipnotis kakiku melangkah menuju pintu itu namun sedikit demi sedikit terdengar suara tangis seorang gadis yang tidak asing bagiku. Ya,itu memang suara tangis Veranda. Mendengar suara itu kakiku pun berhenti dan segera berbalik menuju sumber suara itu.
“Hei,adit kau mau kemana ? Tempatmu disana bukan disini” kata lelaki tadi
“Maaf,aku tidak akan ikut denganmu. Ada senyum seorang gadis yang harus aku jaga. Dan kini gadis itu sedang menagis” jawabku
Sesaat kemudian keadaan menjadi gelap dan sedikit demi sedikit suara tangis Veranda semakin jelas di telingaku. Hangat tangannya kini mulai kurasa di tanganku dan kegelapan itu mulai berubah menjadi bayangan kabur yang semakin jelas. Kubuka mataku dan kini kulihat tubuhku tengah tergeletak di rumah sakit. Disamping kananku kulihat Veranda tengah menangis sambil menggenggam tanganku. Kugenggam erat tangan Veranda dan saat itu pula tangis Veranda berhenti.
“Sssssst…..jangan nangis lagi ya” kataku pelan
“Dit,kamu udah sadar ?” jawab Veranda
“Ya,ini semua berkat kamu Ve” jawabku
Melihat aku sudah sadar Veranda segera keluar memanggil dokter. Kulihat di samping kiriku dua sahabatku tengah tertidur mungkin mereka kelelahan karena sudah menjagaku. Setelah dokter datang dan memeriksaku Veranda langsung memelukku. Sakit memang tubuh ini tapi hangatnya pelukan Veranda membuatku melupaka semua rasa sakit itu.
Seminggu berlalu,keadaanku mulai membaik hanya saja alat pemacu jantung ini belum bisa dilepas. Karena menghantam trotoar jantongku mengalami kebocoran dan harus menggunakan alat pemacu jantung ini agar tetap dapat hidup. Setiap hari Veranda,Gatot dan Kinal selalu menjengukku canda dan tawa merekalah yang menjadi penyemangatku untuk sembuh. Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun datang aku dan kedua orang tuaku akan pergi ke singapura untuk melakukan operasi. Di bandara aku berpamitan dengan kedua temanku dan Veranda.
“Gwe berangkat dulu ya” kataku
“Ati-ati ya dit.gwe doa.in cepet sembuh lu” kata Gatot
“Amiiin deh sob” jawabku
“Jangan kelamaan disana ya” kata Kinal
“Iya nal,gwe kesana paling sebulan doang” jawabku
“Ve,kamu jangan sedih lagi ya. Aku bakalan sembuh dan kembali lagi kok kesini” kataku
“Janji ya….” jawab Veranda
“Satu laagi Ve” kataku
“Tolong suapin jeruk sekali lagi dong” pintaku
“Ihh,kan malu dilihat orang” kata Veranda
“Pliiis……” pintaku lagi
Veranda pun mengagguk pelan dan dengan senyum malu-malu menyodorkan buah jeruk kearahku.
“Inget dit,besok-besok jangan mau disuapin sama suster-suster di singapura” goda Gatot
“Emang disana susternya suka nyuapin pasien ya tot” tanyaku polos
“Ehhh,awas aja lu mau nerima suapan suster singapura. Gwe jitak lu” ancam Kinal
Kami semua pun tertawa termasuk Veranda. Senyum itulah penyemangatku dan aku akan berusaha untuk menjaganya,itulah janjiku.
END
Follow My Twitter : @Agung_PZS

0 komentar:

Posting Komentar