Selasa, 09 September 2014

[Artikel] Jika Melody Grad Siapa yang Pantas Menggantikannya ?

Pada Malam yang dingin ini saya berkesempatan untuk membuat sebuah artikel mengenai sesuatu hal yang bisa di bilang meresahkan bahkan sangat meresahkan . Yaitu mengenai Grad nya Melody dan siapa yang pantas untuk menggantikannya .
        Akhir-akhir ini banyak kabar yang menyebutkan bahwa Melody akan segera grad dari JKT48 dalam waktu dekat , bahkan ada yang menyebutkan kalau Melody akan grad pada bulan Agustus 2014 . Ya , tentunya kabar ini sangat meresahkan bagi Fans JKT48 khususnya Melodiest , saya pernah berkunjung ke sebuah blog yang membuat sebuah artikel tentang grad nya Melody dan saya lihat juga beberapa komment yang tertera di bawah nya , Walaupun grad nya Melody itu hanya sebuah pendapat saja , namun banyak di antara mereka yang menyatakan keresahannya bahkan kekecewaannya . Mengapa demikian ? Hal itu di karenakan , seperti yang kita tahu , Melody di JKT48 bukanlah member yang biasa-biasa saja yang tidak mempunyai peranan penting . Melainkan dia adalah member yang bisa di bilang paling penting di JKT48 , karna bukan hanya status nya sekarang sebagai Captain JKT48 saja , tetapi dia juga berperan sebagai IBU bagi member-member lain nya , menjadi juru bicara di setiap interaksi JKT48 dengan media . Karna demikianlah Melody selalu di percaya untuk mengisi squad senbatsu di setiap single-single yang di keluarkan JKT48 , baik yang di tentukan oleh JOT sendiri ataupun Senbatsu Sousenkyou yang di tentukan langsung oleh Fans . Terbukti , Melody menduduki peringkat pertama di Sousenkyou pertama JKT48 yaitu pada single ke-6 JKT48 . Bahkan selisih vote antara Melody dengan member di peringkat dua , Jessica Veranda mencapai angka lebih dari 4000 vote , Hal itu membuktikan bahwa Fans sangat berharap kepada Melody untuk dapat memimpin member-member lain di setiap single nya . Dengan demikian , tidak heran jika grad nya Melody menjadi sebuah kabar yang meresahkan bahkan terkesan menakutkan . Ya walaupun akhirnya nanti pasti Melody akan grad juga , tapi tentunya kita tidak ingin kalau itu terjadi sekarang secara tiba-tiba .
         Nah , kalo bicara masalah grad nya Melody , kita juga pasti berfikir “Siapa kira-kira member yang bisa menggantikan peran Melody ?” . Itulah yang akan saya bahas lebih dalam pada postingan saya kali ini .
        Kalo belajar dari kakak di Jepang , AKB48 tepatnya , juga memiliki seseorang yang memiliki peranan penting di AKB48 , yaitu Atsuko Maeda atau biasa di panggil Acchan . Pada saat ke-grad-an nya banyak fans yang sedih , namun fans tidak terkejut dengan grad nya Acchan . Karena jauh-jauh hari dia sudah terlebih dahulu menyampaikan bahwa dia akan grad . Ya , memang kebanyakan di antara member-member AKB48 lebih dahulu menyampaikan ke-grad-an nya kepada fans , hal itu di lakukan mungkin untuk membuat fans tidak terkejut ketika mereka grad nanti . Dan juga biasanya akan di adakan konser perpisahan untuk melepas member yang akan grad . Tidak seperti di JKT48 , member mendadak menyatakan bahwa dia grad , hal ini kemudian akan membuat fans merasa terkejut dan tidak siap dengan ke-grad-an member , lebih-lebih lagi kalau member itu adalah oshimen nya , tentunya rasa kekecewaan pun tidak bisa di pungkiri lagi , ya walaupun sebenarnya di hati mereka masih ada selalu support untuk member yang telah grad tersebut . Tetapi , semoga saja jika Melody akan grad nanti , dia terlebih dahulu memberitahukan ke-grad-an nya paling tidak sebulan sebelum grad , agar tidak terjadi kekacauan yang tidak terbayangkan di kalangan fans .
        Setelah belajar dari AKB48 , saya akan lanjutkan pembahasan ke “Siapa kira-kira member yang bisa menggantikan peran Melody ?” . Tentunya ada pertanyaan lagi untuk melanjutkan pembahasan ini .

*“Haruskah TOP Member ?”*

Ya , saya pikir yang menggantikan peran Melody nantinya haruslah Top Member . Mengapa ? karena untuk menjadi seorang Captain , terlebih adalah captain secara keseluruhan bukan sebagai captain team harus mempunyai kepercayaan dari JOT maupun Fans dan juga harus mempunyai pengalaman yang banyak , pengalaman di depan kamera di depan media , pengalaman masuk senbatsu yang banyak , dan pengalaman-pengalaman lain . Semua itu biasanya sudah terdapat pada member-member yang terbilang Top . Jadi , bisa di simpulkan bahwa TOP member itu sudah punya bekal yang banyak untuk menjadi Captain JKT48 .
        Oke , saya akan langsung bahas member-member yang saya rasa pantas untuk menggantikan peran Melody nantinya . Itupun jika member-member ini tidak grad terlebih dahulu sebelum Melody .

1. Nabilah Ratna Ayu Azalia


        Siapa yang tidak mengetahui kedekatannya dengan Melody . Ya , Nabilah memang sangat dekat dengan Melody . Karna kedekatannya itu , Nabilah bisa saja akan menjadi pengganti yang ideal bagi Melody . Tetapi titik lemahnya adalah ketika di tinjau dari segi umur , seperti yang kita tahu Nabilah adalah anak kelahiran tahun 1999 , kalau di hitung-hitung umurnya baru 15 tahun pada 2014 . Beda jauh dengan Melody saat ini yang sudah menembus angka 20 tahun keatas , tentunya anak usia 15 tahunan di rasa belum cocok untuk memimpin sebuah Idol Group yang sudah memiliki nama besar . Namun , walaupun umurnya yang masih terbilang sangat muda , Nabilah terlihat sudah dewasa , mungkin karena kedekatannya dengan Melody lah yang membuatnya tampak dewasa . Tetapi kalo menurut saya , Nabilah bagus untuk menjadi seorang captain , tetapi tidak secepat itu . Mungkin 3 atau 4 tahun kedepan .

2. Shania Junianatha


        Shania sudah sering masuk senbatsu , main iklan bareng member-member lain , bahkan Shania sudah punya pengalaman di depan media jauh sebelum masuk JKT48 . Beberapa hal itulah yang membuat saya memasukannya ke dalam nama-nama yang saya rasa pantas menggantikan peran Melody nantinya . Tetapi lagi-lagi titik lemahnya adalah ketika di lihat dari segi umur , Di balik tubuhnya yang tinggi , Shania baru berusia 16 tahun pada 2014 . Umur yang hanya terpaut satu tahun di atas Nabilah dan terpaut enam tahun di bawah Melody . Tetapi walaupun umurnya masih terbilang sangat muda , Shania sudah mendapatkan banyak kepercayaan dari JOT maupun Fans . Terbukti dari setiap single yang di keluarkan , Shania selalu masuk di dalamnya .

*”Haruskah Member Yang Tua ?”*

Ya , tapi juga tidak . Karna untuk menjadi seorang pemimpin , sebenarnya bukanlah umur yang di lihat tapi di lihat dari kedewasaanya . Di JKT48 , Nabilah dan Shania adalah member-member muda yang terlihat memiliki kedewasaan . Jadi bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pengganti yang ideal jika Melody grad nanti .

3. Devi Kinal Putri


        Kinal saat ini adalah seorang captain dari Team J JKT48 , sebuah team untuk generasi pertama . Umurnya pun bisa di bilang sudah matang . Dengan pengalamannya memimpin sebuah team , bukan tidak mungkin Kinal akan di naikkan pangkatnya untuk menjadi pemimpin semua team . Sepertinya Kinal akan menjadi kandidat kuat untuk menggantikan peran Melody .

4. Jessica Veranda


        Tidak jauh berbeda dengan Shania , Veranda juga sering masuk senbatsu , main iklan bareng member-member lain , dan juga mempunyai pengalaman di depan kamera sebelum masuk JKT48 . Namun bedanya adalah usia Veranda sudah terbilang matang di banding Shania . Veranda juga Bahasa Inggrisnya cukup baik . Veranda menempati peringkat dua di Senbatsu Sousenkyou pertama JKT48 , sebuah peringkat yang diatasnya adalah Melody sang peringkat satu . Dengan peringkat dua tersebut , mengartikan bahwa Fans juga menaruh harapan besar kepada Veranda untuk dapat menjadi pemimpin bagi JKT48 di suatu saat nanti . Ya , tepatnya setelah Melody grad . Veranda juga sering terlihat curi-curi bicara ketika JKT48 di undang ke sebuah acara Talkshow . Hal itu menjelaskan bahwa Veranda sudah siap jika suatu saat dia akan menggantikan peran Melody .

*”Bagaimana dengan Member Team KIII ?”*

Tenang , beberapa diantara member team KIII juga ada yang saya rasa pantas menggantikan peran Melody . Namun , kemungkinan member Team KIII untuk menjadi captain pengganti Melody terbilang kecil . Karna biasanya captain di ambil dari member di sebuah Team yang lebih senior , dalam hal ini adalah Team J .

5. Rona Anggreani


        Walaupun Naomi adalah captain dari Team KIII , tetapi yang terlihat lebih sering menjadi juru bicara adalah Rona . Kejadian ini sangat mirip dengan kejadian Kinal dan Melody , pada awal kemunculan JKT48 , Melody lebih sering menjadi juru bicara di bandingkan dengan Kinal padahal waktu itu Melody belum mendapat pangkatnya sebagai captain JKT48 , tetapi Kinal lah yang sudah mendapat pangkat sebagai captain bagi team J , hingga akhirnya Melody menjadi captain untuk JKT48 secara keseluruhan . Nah , mungkin saja hal itu juga akan terjadi pada Rona . Mungkin saja dia tidak di jadikan captain untuk team KIII karna dia sudah di siapkan untuk menjadi captain bagi JKT48 . Siapa yang tahu ??

6. Ratu Vienny Fitrilya


        Satu lagi member dari team KIII yang saya rasa pantas untuk menjadi pengganti Melody . Vinny , Senbatsu ? sering . Iklan ? sering . Apalagi yang kurang dari seorang Vienny , Mungkin hanyalah kepercayaan dari Fans dan JOT yang kurang , karna biasanya pemimpin di ambil dari orang yang sudah di bilang cukup senior di sebuah tempat , dalam hal ini JKT48 . Karna Team J lebih senior , kemungkinan besar Vinny akan tersisihkan oleh member-member dari Team J .
        Demikianlah pembahasan saya tentang “Siapa kira-kira member yang bisa menggantikan peran Melody ?” . Sekiranya sebesar-besarnya kemungkinan adalah member dari Team J yang akan mendapatkannya . Tapi siapa yang tahu member Team KIII juga dapat bersaing ketat dalam mendapatkannya . Oke , yang terpenting sih kita selalu support JKT48 siapapun captainnya ..

0 komentar:

Posting Komentar