Sabtu, 11 Oktober 2014

[Artikel] Apa yang Bisa Kita Lihat dari Senbatsu Single JKT48?

single, 106 kesempatan senbatsu, dan total 94 member yang pernah ada di JKT48. Apa sajakah yang bisa kita amati dari fenomena ini?
Perjalanan JKT48 dalam menelurkan single tidaklah mudah. Semenjak generasi pertama JKT48 diperkenalkan pada bulan November 2011, single pertama mereka, RIVER, baru dirilis pada 11 Mei 2013.
Seperti kakaknya di Jepang sana , JKT48 memilih untuk mengeluarkan mini single dengan 4 atau 5 lagu per singlenya yang dirilis tiap beberapa bulan sekali. Jauh berbeda dengan kebiasaan musisiIndonesia yang umumnya melepas satu album berisikan 8-10 lagu setiap setahun sekali.
Tak terasa hingga saat tulisan ini dibuat, mereka telah memiliki 7 single, dimana single terakhir mereka dirilis bersamaan dengan peluncuran single terakhir AKB48 yang diberi nama yang sama: “Kokoro no Placard”.
Satu hal yang unik di dalam dunia 48G (istilah untuk idol group milik Aki-P), selalu ada satu lagu utama yang pasti akan dipromosikan dan dibuat music video-nya di mini singles tersebut, dimana member yang bisa tampil dalam lagu tersebut hanya 16 orang dari sekian banyak member yang ada dalam idol group tersebut.
16 orang itu disebut “senbatsu member” atau member terpilih. Tentu saja bagi mereka yang masuk dalam “senbatsu member”, promosi yang ada akan membuat mereka menjadi lebih populer dan membuka peluang untuk mendapatkan ‘job’ tambahan.
Siapa sajakah member JKT48 yang pernah masuk dalam daftar ‘senbatsu member’ dan apakah ada sesuatu yang bisa kita lihat dari daftar tersebut?
- Senbatsu JKT48 -
Mari kita lihat sama-sama siapa saja yang pernah menjadi ‘senbatsu member’ di 7 single JKT48:
Yap, ada 5 member yang ternyata sudah 7 kali senbatsu dan mereka adalah: Melody, Haruka, Veranda, Shanju, dan Nabilah. Kalau AKB48 punya istilah kami-seven, JKT48 mungkin punya istilah Panca-Dewi.
“PANCA-DEWI” JKT48 sang penguasa tahta senbatsu.
Yupi memang selalu senbatsu dari setiap kesempatan yang ada, tetapi peringkatnya yang cukup rendah di sousenkyo kemarin membuat dirinya kurang meyakinkan untuk masuk ke jajaran dewi-dewi penguasa senbatsu JKT48. Atau mungkin kalian punya alasan lain yang membuat Yupi layak mengubah istilah “panca-dewi” menjadi “sat-dewi”?
Kapten team hampir selalu masuk ke dalam senbatsu single. Kinal hanya tercatat sekali tidak masuk ke single ‘Yuuhi wo miteiruka’, sementara Naomi hanya sekali tidak masuk ke single ‘Gingham Check’ yang notabene adalah single hasil sousenkyo.
Ayana dan Beby tampaknya menjadi pilihan favorit manajemen di team J, sementara team K3 diwakili oleh Viny. Jeje dan Dhike menjadi pilihan favorit berikutnya dari team J, ditemani oleh Ayen dari team K3.
Seluruh member kaigai pernah menjadi ‘senbatsu member’.
Stella yang sangat populer sebelum dia ‘graduate’ dari JKT48 ternyata hanya pernah satu kali menjadi ‘senbatsu member’. Hanya Stella Cornelia, member JKT48 yang telah graduate, yang pernah mendapatkan senbatsu. Hampir semua member yang telah grad belum pernah merasakan posisi senbatsu.
Ada satu hal lagi yang menarik, ternyata ‘adik’ di dalam JKT48 tidak seberuntung ‘kakak’-nya dalam hal senbatsu. Frieska dan Sinka ternyata belum pernah merasakan posisi senbatsu, hal ini berbeda dengan kakaknya, Melody dan Naomi, yang merupakan member langganan senbatsu. Sonia sedikit lebih beruntung, dia pernah satu kali senbatsu di single KFC, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa popularitas Stella memang jauh di atas Sonia. Bisa jadi kalau Stella tidak grad dari JKT48, Stella akan menjadi member langganan senbatsu juga jauh meninggalkakn adiknya.
- Mereka yang Belum Beruntung -
Lalu siapa saja yang belum pernah menjadi ‘senbatsu member’ dari sisa member yang masih bertahan di JKT48 saat ini?
Gen 1: Frieska. Ya, hanya Frieska. Dia hanya pernah menjadi senbatsu di single Heavy rotationyang seringkali tidak diperhitungkan sebagai lagu single. Pseudo-senbatsu.
Gen 2: Lidya, Rachel, Dena, Uty, Shafa, Nadila, Nobi, Sisil, Via, dan Sinka. Banyak juga yah?
Gen 3: Tentu saja semuanya.
Kalau ada yang kurang, kalian tulis di komentar di bawah yah..
- Senbatsu dalam Angka? -
Selanjutnya, bagaimana tabel di atas kalau dilihat dari hitung-hitungan simpel?
  • Dari 106 kesempatan dan 73 member aktif di JKT48, hanya 33 member yang pernah menjadi senbatsu. Baru 45% member JKT48 yang merasakan posisi senbatsu.
  • 94% member generasi 1 pernah menjadi senbatsu.
  • 56% member generasi 2 pernah menjadi senbatsu.
  • 0% member generasi 3 pernah menjadi senbatsu.
Nah, apakah kalian punya komentar lain mengenai fenomena senbatsu ini? Saya tunggu komentarnya yah di kolom komentar di bawah.
Source : @IDOLgraphy
Writer : @Agung_PZS / #AG

0 komentar:

Posting Komentar