Jumat, 17 Oktober 2014

[Artikel] Menyelisik Senbatsu JKT48 versi Manajemen dan versi Fans


Dari 7 single dan 106 kesempatan senbatsu yang ada, 1 single serta 16 kesempatan di antaranya adalah senbatsu hasil pilihan fans, sementara 6 single dan 90 kesempatan sisanya adalah senbatsu pilihan manajemen JKT48. Apa saja yang bisa kita lihat dari fenomena ini? Apakah senbatsu pilihan manajemen sudah sesuai dengan senbatsu pilihan fans atau malah justru jauh berbeda?
Kita telah melihat senbatsu JKT48 secara keseluruhan pada artikel sebelumnya, lalu bagaimana kalau kita melihatnya secara parsial? Apa saja yang bisa kita bahas?
Nah, sebelum kita berbicara lebih jauh, mari kita lihat bersama tabel berikut yang merupakan “senbatsu hasil pilihan manajemen JKT48″:

Daftar senbatsu di atas didapatkan dengan cara menghilangkan senbatsu Gingham Check yang merupakan satu-satunya single di JKT48 saat ini yang senbatsunya ditentukan oleh fans.
Ternyata ada sejumlah yang menarik yang bisa kita temukan. Apa sajakah hal tersebut?
Kalau kalian perhatikan baik-baik, ada 7 member yang selalu terpilih ke dalam senbatsu pilihan manajemen JKT48. 5 di antaranya dari team J (anggota panca dewi) dan 2 di antaranya dari team KIII. 7 orang ini adalah kami-seven atau “sapta-dewi”-nya (kalau mau disansekertakan) JKT48.
Melody, Ve, Haruka, Shanju, Nabilah, Yupi, dan Naomi
Uniknya, posisi kapten tidak menjamin bahwa member akan selalu dipilih oleh manajemen. Kinal contohnya, dia adalah kapten dari team J, tetapi pernah satu kali tidak senbatsu di single Yuuhi wo Miteiruka.
Posisi Naomi di dalam singgasana “Sapta-dewi” tampaknya tidak tergoyahkan walau sering gagal di sousenkyo apapun. Manajemen JKT48 ternyata punya konsistensi yang tinggi soal ini. 
Setidaknya, siapapun kapten team T nanti, dia akan punya kesempatan yang lebih besar untuk terus jadi senbatsu pilihan manajemen.
Ada 15 member yang dipilih manajemen JKT48 lebih dari 2x dan 2 member yang dipilih sebanyak 2x, totalnya ada 17 member yang dipilih manajemen JKT48 lebih dari 1x. Apabila dikurangi Aki Takajo dan Rena Nozawa yang sudah tidak aktif di JKT48, maka ada 15 member yang tampaknya layak diberi julukan frontgirls di JKT48 saat ini. Ya, merekalah frontgirls JKT48 saat ini, suka tidak suka, merekalah yang dipush manajemen untuk jadi ujung tombak JKT48 saat ini. 

Kamilah frontgirls JKT48 saat ini!
Dari 15 frontgirls itu, 10 orang berasal dari team J dan 5 orang berasal dari team KIII. 66,7% frontgirls dikuasai team J.
Kalau kita perhatikan lebih mendalam lagi, posisi Rona sebagai frontgirls JKT48 tampaknya berada di ujung tanduk. Namanya sudah tidak muncul di 2 single terakhir dan tampaknya perannya mulai perlahan mulai digantikan Ikha. Apakah ini pertanda Rona sudah tidak ‘dipercaya’ lagi menjadi frontgirls di JKT48? Atau hanya rotasi member dari manajemen saja?
Apa kalian punya hal yang bisa dilihat dari senbatsu member pilihan manajemen JKT48 ini?
- Senbatsu Hasil Pilihan Fans dan Perbandingannya dengan Senbatsu Manajemen JKT48 -
Tidak ada panggung yang lebih ‘wah’ untuk menunjukkan dukungan fans kepada oshinya selain event ‘senbatsu sousenkyo’. Meskipun demikian, untuk mengetahui dukungan fans secara menyeluruh, saya juga akan memasukkan hasil PDRS season 1, senbatsu kalender 2014, dan PDRS season 2 dalam daftar ini.
Berikut ini adalah senbatsu hasil pilihan fans:
Kalau kita perhatikan baik-baik, ternyata dari 10 nama teratas di tabel sebelum ini, 8 di antaranya adalah frontgirls JKT48. Hanya Jennifer Hanna dan Rica Leyona yang tidak termasuk dalam frontgirls JKT48. Entah ini bermaksud pilihan frontgirls memang sudah sesuai dengan keinginan fans atau keinginan pasar terdikte oleh hasil ‘push-an’ manajemen.
Frontgirls lainnya muncul di tabel atas, seperti Yupi, Dhike, Ayana, Jeje, Naomi, dan Rona. Walau Naomi dan Rona tampaknya tidak memiliki posisi yang kuat apabila berurusan dengan senbatsu dari fans.
Ikha ternyata bukan pilihan fans. Kalau senbatsu terus-menerus ditentukan oleh fans, sejauh ini dia akan tidak pernah senbatsu.
Apabila JOT ingin mengubah susunan frontgirls atau menambah anggota frontgirls JKT48, Jennifer Hanna dan Rica Leyona adalah dua kandidat terkuat untuk hal tersebut. Kandidat frontgirls berikutnya adalah: Ghaida, Yona, dan Thalia, kemudian disusul oleh: Sendy dan Frieska. 
Kandidat terkuat untuk menjadi pelapis frontgirls berdasarkan pilihan fans
Apakah kalian punya cerita atau pendapat lain soal senbatsu JKT48? Ceritakan di kolom komentar di bawah yah, jangan malu-malu.
Source : @IDOLgraphy
Writer : @Agung_PZS / #AG

0 komentar:

Posting Komentar