Minggu, 05 Oktober 2014

[Fanfict] Ditengah Rintik Hujan Akihabara Inspired By : @Tata_JKT48

akb

Perkenalkan, aku Givan, 23 tahun. Aku seorang web designer di sebuah perusahaan cellular provider di daerah Jakarta selatan. Aku adalah seorang fresh graduate, baru lulus dari Fasilkom UI tahun ini. Sudah hampir 8 tahun aku menjomblo, terakhir kali pacaran adalah saat SMP. Masuk SMA, aku tidak bisa move on dari teman sekelasku yang cantik banget, namanya Mira. Sampai akhirnya di akhir kuliah aku bisa melupakannya karena sibuk dengan skripsi, walaupun masih sesekali mengingatnya.
Di kantor baru, aku bertemu banyak teman baru, atasan, bawahan, dan orang-orang lainnya. Kepala divisi IT ku, Pak Derry adalah seorang yang keras, tegas, tetapi apa yang dikatakannya masuk akal dan dia memang cerdas. Pantas lah untuk menjadi sebuah Bos. Tetapi karena wataknya yang keras ini, banyak orang yang kurang suka terhadapnya. Baru saja kemarin sekretarisnya mengundurkan diri, setelah di bentak karena salah memfotokopi arsip.
Pak Derry minta difotokopi rekam jejak perkembangan pengunjung website, yang difotokopi malah majalah FHM miliknya. ”Lah itu mbak Delli kenapa kenapa ya?” tanyaku kepada Dimas, salah satu seniorku di bagian IT kantor ini. “Ya gitu Pam, lo kayak gatau si Item aje. Suka main bentak ama karyawan/karyawati nya kalo salah… Mbak Delli kan orangnya sensitif, abis dibentak gitu dia nangis 7 hari 7 malem gitu deh, hari ini baru berenti nangisnya dan langsung resign. Kasian ya dia Pam…” “Ooh iya mas, pak Derry emang keliatannya galak yah. Saya harus hati-hati kedepannya mungkin.” “Yaelah bahasa lo kaku amat kayak swallow baru keluar dari plastik, sama gue santai aja Pam.” ”Hehehe, akunya gak enak mas… Kan anak baru.” “Udah, gausah panggil gue mas lah. Panggil Dimas aja.” “Oke Dim.” “Eh pam, Sabtu ini katanya pak Derry mau ngadain gathering tuh di pub terdekat. Ikut aja, itung-itung kenalan sama rekan kerja yang lain.” “Oh iya, kalo gaada acara gue ikut Dim.” “Nah kan enak, gue elo ngomongnya hahahah. Udah ya gue lanjut ngoding dulu.”
Keesokan harinya, seperti biasa aku datang kerja dan melanjutkan kodingan yang kemarin belum selesai di meja kerjaku. Tiba-tiba ada sesosok gadis yang sangat cantik datang. Tidak terlalu tinggi, kira-kira 160-165cm an lah. Kulitnya putih mulus, matanya agak sipit seperti keturunan tionghoa. Pipinya tembem… Ah, aku gemes! Tiba-tiba ia menghampiri mejaku, dan bertanya dengan suara lirih nan merdu “Maaf mas, ruangannya pak Nanda Dhairya dimana yah? Saya tadi mau tanya kefront desk cuma dibilang masuk aja sama security soalnya yang jaga gak ada.” “Ee… Ehhh… Di ujung kanan mbak, nanti di pintu nya ada nama pak Derry kok. Tinggal ketok aja.” “Oh iya, makasih ya mas… Givan ya?” “Iya mbak, kok tau?” “Itu kan ada nametagnya mas hahaha. Saya duluan ya, mari mas.” Aku hanya bisa tersenyum, tersipu malu.
Kenapa sampe lupa kalo aku lagi pake nametag? Dia cantik banget! Aku menghampiri meja Dimas, langsung ngomongin cewek tadi tanpa basa-basi. “Dim liat cewek yang tadi gak? Yang pake kemeja putih itu… Gila, cantik banget!” “Oooh itu kayanya sekretaris barunya si item, dandanannya sekretaris kekinian banget coy. Lo liat aje, Rambut panjang tergerai, kemeja putih rapi, rok item selutut, tasnye kecil tapi gendong-gendong folder mulu… Pasti sekretaris tuh.” “Duh semoga betah ya sama pak Derry, gue soalnya betah banget liatin dia :))” “Eh beduk mesjid bisa aje ye nih. Kerjasono!” “Iye iye…” Aku kembali ke mejaku, ngoding lagi.
Hari terus berjalan, akhirnya tiba juga Sabtu yang kunanti. Awalnya aku biasa aja, malah cenderung males ikut gathering hari ini. Tapi karena ada si sekretaris baru, aku jadi ingin ikut karena momen ini jelas jadi kesempatan untukku berkenalan dan lebih dekat dengannya. Sebelum berangkat, aku menjemput Dimas di daerah Sudirman karena memang kebetulan aku sedang ada acara di fX.
Dim, acaranya dimana sih?” “Di Kemang Pam… Ntar gue tunjukkin deh jalannya.” “Eh Dim, itu si sekretaris dateng gak yeh?” “Mane gue tau eh wahai gentong bensin… Baru juga masuk kerja 3 hari yang lalu keles.” “Ya gue nanya doang sih, kan ini gue juga anak baru tapi ikut-ikut aje tuh.” “Yaudah lah dateng aje, sapa tau dia juga dateng.” “Yuk berangkat!” ngeeeng, kita bertolak dari stasiun menuju Kemang.
Akhirnya kami tiba di lokasi. Lokasi terlihat agak sepi, mungkin karena memang hari ini pengunjung hanya dari kantor kami. Fully bookedfree flow drinks till drop! Dalam batinku berkata “keren juga ini bos kita”. Aku duduk, bercengkrama dengan sesama rekan kerja, yang senior maupun masih baru sepertiku. Kami bercerita banyak, tentang kerjaan, romansa, sejarah pribadi, dan lain-lain.
Aku jadi kenal sama mas Rangga, Andra, Taz yang udah pada tua dan beberapa rookies kayak Nikko, Hendy, dan Arya. Tiba-tiba pak Derry berdiri dan berteriak “WOOOI ANAK BARU MANA? LAU PADA HARUS MABOK YE, MINUM YANG BANYAK!!!” Kami sesama anak baru hanya bisasaling tatap. Mas Rangga gak pake lama langsung menyuguhkan ku jack daniels, dan akhirnya kami terus minum… Arya dan Hendy yang paling gila, mereka total mabok. Hendy sangka rambutnya Arya adalah ladang ganja, dia potong rambutnya lalu dilinting dalam kertas A3… Aku hanya bisa geleng-geleng mlipir minggir dan duduk sendiri. Aku duduk, termenung sendirian. Ada sesuatu yang kurang, walaupun sejujurnya hari ini kami bersenang-senang.
Dimas menghampiriku, seakan-akan tahu apa yang membuatku resah. Dan ya, ternyata dia memang tahu. “Nungguin mbak sekretaris ye?” “Tau aje lo Dim… Kemana ya, itu orang kok ga dateng-dateng sih…” “Ya mungkin emang kagak dateng kali Pam. Sabar aja yeh…” Tiba-tiba Hendy datang, sambil mabok, duduk diantara kami dan bercerita… “Cuy gue ada cerita kocak nih… Beneran! (ini gue mau kasih cerita beneran kok) Jadi ye, temen gue nih, ada yang beli mushroom… Jamur hepi… Doi selipin ama nasi goreng tuh, biar ga ketauan ama mak bapaknye. Terus dia tinggal, gatau kemana. Balik-balik, nasi gorengnya tiba-tiba abis cuy. Tak dinyana, dimakan tuh nasi goreng ama bapaknye. Gak lama kemudian masa yeh, ITU BAPAKNYE DITEMUIN DI KAMAR MANDI LAGI MANCING DI KLOSET. ADA KOPI, ADA PISANG, TERUS PANCINGANNYE MASUK KE KLOSET HAHAHAHAHAHA. Temen gue pura-pura gatau aje, maknya nangis bombay liat bapaknya mabok gitu.” Kami tertawa terbahak-bahak. Yah setidaknya cerita si Hendy kepala telor yang lagi mabok ini menghiburku sedikit.
Tata
Gak lama kemudian, pas hampir semua orang udah mau tepar gara-gara mabok, datanglah dia, si Sekretaris cantik. “NAH DATENG JUGA… KENALIN, SEKRETARIS BARU SAYA, THALIA!” Pak Derry berteriak dengan kencang, semua berdiri dan tepuk tangan menyambut kedatangan si Sekretaris cantik ini. Aku hanya memutar kursi dan menatapnya. Pakaiannya simpel, jeans panjang yang agak ketat, dengan atasan kaos yang dibalut cardigan… Rambutnya dibuat ala ponytail, dan dia menggunakan kacamata. Ah, cantiknya! Tiba-tiba, dia menghampiri bar dan duduk disampingku, karena Dimas lagi ke toilet muntah-muntah kebanyakan minum. “Eh, Givan ya?” “Iya… Mbak yang kemaren nanya ruangan pak Derry kan?” “Hahaha, iya… Panggil Tata aja Van.” “Salam kenal ya ta, gue Givan. Panggil Pampam juga boleh.” Lalu kami berjabat tangan, dan melanjutkan pembicaraan. “Pampam? Kok pampam sih?” “Hahaha, panggilan dari SMA itu Ta… Kenapa emang? Lucu ya?” “Iya, lucu… Pampam… Hahaha. Udah berapa lama kerja disini Pam?” “Gue baru bulan lalu masuknya kok, masih pegawai baru. Ini gathering pertama gue malah.” “Oh iya? Gue kira lo anak lama… Keliatan rapi gitu soalnya kemaren, sampe gue panggil mas bahkan hahaha. Angkatan berapa Pam?” “Gue harusnya 2013, tapi ngulang, jadinya masuk 2014 deh.” “Gue 2014 asli… Kita cuma beda setahun ya ternyata. Kuliah dimana?” “Gue di Fasilkom UI, Sistem Informasi. How about you?” “Gue di Komunikasi Unpad… Gue bisa masuk kerja jadi sekretaris soalnya kebetulan ada temen gue yang kerja disini, dikasih tau ada lowongan terus apply deh.” “Siapa emang? Itu, mbak Delli yang kemarin baru keluar, Dia katanya keluar karena alasan pribadi, cerita sama gue aja gak mau. Lo tau alesannya pam” “Oooh gitu… Kurang tau deh Ta.” Kita lanjutin obrolan, jadi kenal satu sama lain. Kami bercerita tentang background masing-masing, worklife, pengalaman kerja dan kuliah, hampir semua…
Sampai akhirnya waktu menunjukkan pukul 12, kami semua terpaksa diusir. Bukan karena bar ini tutup jam 12, tetapi karena semua rekan kerja mabok keras, ngeborong stok minuman, dan sangat gaduh… Sehingga kami yang seharusnya diberi jatah sampai besok pagi harus segera diusir.
Karena aku salah satu yang termasuk masih sadar, terpaksa aku harus mengantar beberapa teman-temanku yang benar-benar mabuk. Setelah mengantar Arya, Hendy, dan Dimas, akhirnya tinggal lah aku berdua dengan Tata di mobil. “Ta, mau dianter kemana?” “Rumah gue jauh pam, di Kelapa Gading… Sekarang kita masih di daerah Menteng gini. Enaknya gimana ya?” “Rumah gue di daerah pulogebang, ga jauh-jauh amat sih dari Kelapa Gading. Toh besok libur ini, yaudah gue anter aja sampe rumah. ”Beneran pam? Makasih ya…” “Iya beneran. Udah, pake tuh seatbelt nya.”
Akhirnya kami berangkat… Dalam perjalanan, kami tidak banyak bicara. Lelah maksimal, hanya terdiam menikmati suasana malam Jakarta. Suasana yang takkan kau jumpai di siang harinya. Jalanan lebih sepi, lebih tenang, walaupun masih ada beberapa yang lewat. Kami melewati taman Menteng, terlihat masih ramai beberapa kawula muda menikmati malam minggunya disana. Ada live acoustic, para jiwa muda terdiam dan menyimak secara syahdu. Ada pasangan muda yang saling merangkul, memeluk dengan penuh perasaan sayang sambil menikmati alunan merdu lagu romantis yang dibawakan secara akustik. Karena mobil terasa sepi, aku menyetel radio. Tiba-tiba berputar lagu JKT48 – Futari Nori no Jitensha.
Aku jadi teringat masa SMA ku bersama Mira, tetapi kini aku sedang duduk dengan gadis yang sangat cantik, Tata. Perasaanku bercampur aduk… “Pam, lagunya bagus yah. Meaningful…” “Iya ta, ini lagu bikin gue inget sama SMA.” “Emang dulu kenapa?” “Nggak kok, cuma inget aja dulu SMA seru hahaha.” Aku memilih untuk diam, bungkam, menutup mulutku rapat-rapat. Belum saatnya aku menceritakan Mira kepada seseorang yang baru kukenal beberapa jam yang lalu. “Ta, ini kita udah di daerah Kelapa Gading. Mau gue anter kemana?” “Oh, itu nanti di depan ada apartemen, anter gue kesitu aja.” “Ngomong-ngomong, kantor kita kan di daerah Kuningan. Lo gak ngekos apa? Capek kali ke Kuningan dari sini.” “Ngekos kok, tapi hari ini gue janji pulang ke rumah orang tua gue… Mau bantuin mereka, dan juga gue kangen sama mereka.” “Oooh gitu…” ”Yaudah, sini aja deh Pam. Makasih ya udah nganterin.” “Iya Ta, sama-sama yah. Sampai ketemu Senin besok di tempat kerja…” *kecuuuuuppppppppppppp basaahhhhhhhhh* Tiba-tiba, Tata menciumku di pipi. Aku terkejut, kaget, dan hanya bisa diam. “Anggep aja itu tanda terima kasih, udah bela-belain nganterin gue sampe sini. Makasih ya Pam!” Lalu dia keluar mobil dan berjalan menuju gedung apartemen nya. Aku gas mobilku, meninggalkan kelapa gading, dengan tatapan kosong tanpa arti. Apa yang sudah kurasakan tadi? Sebuah ciuman? Dari gadis secantik itu? Simply unbelievable…
Esok Senin, aku kembali bekerja. Aku datang lebih pagi untuk menghindari macetnya Jakarta yang sangat tidak menyenangkan. Sampai di kantor, kembali ngoding… Gak lama, dateng Tata. “Pagi pam…” “Eh… Pagi Ta…” Hanya menyapa, lalu lanjut jalan ke kantor pak Derry. Sapaan kecil yang bermakna besar bagiku, karena memang aku menyukainya. Dimas nyaut “cie disapa… Lo macem-macem ye semalem?” “Goblok lo… Kagalah, cuma gue anter sampe apartemen ortunya.” “Wah udah nganter tempat ortu aja nih, besok nikah dong?” “ngawur lo…”
Jam kerja berakhir, lalu aku keluar untuk merokok sebentar sebelum pulang. Tata keluar dari lift, menuju pintu keluar. Langsung kumatikan rokok, dan menyapa dia. “Hai Ta…” “Eh Givan. Gak balik?” “Iya nih bentar lagi pulang, tapi mau makan dulu di kota kasablanka, kan deket tuh… Ikut gak?” “Boleh, kebetulan kosan gue deket situ. Sekalian anterin ke kosan juga ga.. Please…” Tata merayu manja, dengan suaranya yang agak cempreng lalu menggembungkan pipinya yang sudah tembem. Duh mak, aku gakuat! “Iya nanti gue anter…”
Di mobil, kami seperti biasa, hanya terdiam. Menikmati terangnya lampu jalanan Jakarta, dengan segala hiruk pikuknya. Memang jarak kokas dari kantor kami dekat, tapi terasa jauh karena macetnya jalanan. “Pam… Soal kemaren, kalo emang lo gaenak gue minta maaf yah… Gue perhatiin lo hari ini diem mulu deh.” “Soal apa Ta?” aku pura-pura gak tau, tapi sebenernya paham betul yang dia maksud. Pasti that goodbye kiss. “About that goodbye kiss I gave you yesterday… Lo udah punya cewek ya?” “Ah santai kali hahaha. Boro-boro Ta… Terakhir gue pacaran SMP kali.” kami tertawa, dan melanjutkan perjalanan. Sampai di kokas, langsung menuju foodcourt dan makan. Kami berdua makan di pepper lunch. Saat makan kami membicarakan tentang acara pak Derry di Jepang, yang katanya akan mengajak salah satu staff muda nya untuk presentasi produk disana. ”Pam, pak Derry mau ke Jepang tuh, tapi ngajak tim IT buat presentasi…” “Oh iya? Tau darimana?” “Ya kan gue sekretaris Pam, pasti tau lah kegiatan pak Derry. Gue gatau nih siapa yang diajak, kayanya baru besok diumumin.” “Ooh gitu… Lo pasti ikut kan?” “Iyalah, yang ngurusin kerjaan dia selain gue siapa? Hahaha.” “Oh iya…”
Benar saja, besok pak Derry mengadakan meeting dadakan dengan team IT. Dia menjelaskan bahwa kita akan menjalin kerjasama dengan provider di Jepang dan butuh 2 orang dari Team IT untuk mempresentasikan penggunaan IT di perusahaan. Setelah menilai kinerja para karyawan, pak Derry menunjuk Aku dan Dimas, sebagai senior dan junior programmer yang berangkat ke Jepang. Aku senang, karena aku bisa menghabiskan waktuku dengan Tata disana. Setelah rapat, Tata langsung memberiku selamat. “Ciyee ikut ke Jepang… Selamat yaaa!” “Hehehe makasih ya Ta. Gue ga nyangka loh bisa ikut.” “Iyalah, lo paling pantes… Itu Arya sama Hendy yg junior programmer kerjaan nya download bokep terus pake internet kantor. Mereka pinter bisa nutupin jd gak ke trace sama yang lain.” “Hahaha, emang. Itumah rahasia umum… Mana kerjaannya mabok mulu lagi.” “Hahaha, yuk pulang pam.” “Gue anterin kayak biasa?” “boleh pam…”
Kali ini di mobil kami lebih banyak cerita, suasana lebih cair. Apalagi kami ada topik, tentang dinas kami ke Jepang. Kami banyak membahas tentang Jepang, makanannya, pakaian, tempat kunjungan… Almost everything. Akhirbya tiba di kosan Tata. “Makasih ya pam…” “Iya sama-sama Ta.” “Kenapa ngeliatin gue Pam?” “Well… Aren’t you gonna give me a goodbye kiss? Hahahaha canda Ta.” “mau banget? Hahahaha.” smoooch. Aku beneran dicium, tapi kali ini dibibir. Hanya sebentar, tapi manis. Sangat manis. “Tuh udah ya, bibir lagi. Aku pulang ya…” Aku terdiam, duduk, menatap kedepan dengan tatapan kosong (lagi!). “kagak salah tuh ‘aku’?” Aku melanjutkan perjalanan pulang, sesampainya di rumah aku sms dia. “Thanks for the goodbye kiss ya Ta…” “Iya sama-sama, aku tidur dulu ya. Kamu jangan kemaleman tidurnya, besok kerja. Dadah! :*”  Emot cium, tidak kubalas. Aku langsung rebahana, tersenyum, menatap langit kamar. What a wonderful world…
Tata
Seminggu kemudian, kami berangkat ke Jepang. Di airport, aku dan tata kebetulan bareng saat melewati boarding pass. Mas-mas yang jaga nyaut, “honeymoon ya mbak?” “nggak kok mas, dinas kerja nih…” “hahaha maaf ya mbak, saya kira pasangan suami istri… Mesra banget soalnya daritadi duaan mulu. Selamat jalan ya mbak!” “bisa aja masnya, makasih yaa” aku hanya tersenyum mendengar kata2 mas boarding tadi. Memang, kita selalu berdua selama perjalanan. Terkadang Tata juga menggandengku. Mungkin karena AC airport yang dingin, dan udara di Jakarta juga dingin.
Sampai di Jepang, pak Derry mengadakan meeting kecil bersama para pegawai. Dia mengatakan bahwa besok siang kita akan presentasi, dan malamnya akan diundang ke launching prorgam baru perusahaan mereka. Acaranya bersifat formal, jadi kami harus mengenakan pakaian yang formal pula. Untuk saat ini, agenda bebas! Aku langsung mengajak Tata untuk berkeliling dan wisata kuliner.
“Pam, kita ini dimana sih? Daerah mana? Ini di Akiba… Aku pernah kesini, nonton Teater AKB48 pas masih kuliah.” “Oh iya? Seru banget… Bisa ga nanti kita nonton juga?  ”Kayanya engga deh, kan harus dapet verif dulu… Aku mana tau kita bakal kesini, jadi aku gak apply. Nanti kita lewat aja abis makan.” “Oke deh… Sekarang kita makaaan!!” teriak Tata dengan girang, sambil merangkul tanganku dengan erat. Kita makan, belanja, bersenang-senang lah pokoknya. Sebelum pulang, kita lewat teater AKB48 dulu. “Nih, teater ekebi.” “Wah bagus ya… Kapan2 aku mau nonton deh, sama kamu.” “yakin?” “Iyaa! Hahaha. Kan kamu yang ngerti.” “Iya… Nanti kalo kita kesini lagi ya Ta.” “Yaaay! Makasih pampam!!!!”
Keesokan harinya, kita rapat. Aku menjelaskan penggunaan IT di perusahaan, bahkan menggunakan bahasa Jepang karena memang dulu aku belajar di LBI UI. Para petinggi tampak puas, mereka bertepuk tangan dan menjabat pak Derry. “Good job, Derry-san… You have a very bright employee here.” “Ah, thank you Morita-san. Givan is one of our best, so I took him with me to give you the best.” “Very nice indeed… I see you later at the grand opening, Derry-san…” Lalu para petingi Jepang meninggalkan ruangan. “Tuh Van, kamu dengar sendiri… Banyak yang puas sama presentasi kamu tadi. Pertahankan ya nak!” “Siap pak…” Dimas langsung nyamber, memberiku selamat. “Cie, kerjaan sukses, romansa sukses…” “Hahaha makasih cuy. Nanti gue traktir Sake.” “Asyedaaap makasih ye ganjelan engkol mesjid!”
Malam harinya, aku datang di grand opening. Aku mengenakan tuxedo, rapi, dengan dasi kupu-kupu hitam yang unyu. Aku datang dan langsung bercengkrama dengan beberapa rekan kerja. Tak lama, datanglah Tata. Subhanallah, cantiknya! Ia mengenakan gaun berwarna merah, punggungnya terlihat jelas… Putih, mulus! Lalu dia menghampiriku dan menyapa “Hai Pam! Bagus ga?” “Bagus banget… Kamu cantik banget Ta.” “Makasiiih hehehe” Kami mengikuti seremoni sampai habis, makan bersama, layaknya seorang pasangan asli.
Lalu kami pulang ke hotel sambil jalan kaki, menikmati suasana Jepang di malam hari. Tiba-tiba rintik-rintik turun, jadi kami berteduh dibawah sebuah gedung yang sudah tutup. “Ta… Kamu cantik banget malem ini, sumpah aku gak boong.” “Makasih ya Pam…” Kami terdiam. Hening. Sunyi. Hanya suara rintik hujan yang menemani. Aku ingin mengutarakan perasaanku, tapi takut kisah Mira terulang seperti dulu. Akhirnya kuberanikan diriku untuk mulai bicara.
“Ta, aku boleh ngomong?” “Ya boleh aja… Kenapa Pam?” “Ta, sebenernya, dari awal tuh aku naksir sama kamu… Ternyata kamu orangnya asik, baik, luwes, terbuka lagi. Tapi aku takut bilangnya…” Tata hanya diam, pipinya memerah… Terlihat dia tersipu malu. “kenapa takut?” “Iya, dulu aku pernah suka sama temen SMA ku. Pas aku mau tembak, dia uda punya pacar. Jujur, aku takut gagal lagi…” Aku genggam tangannya, kutatap binar matanya yang indah laksana cahaya bulan purnama malam itu. Tak satu patah katapun keluar dari mulut kami saat itu. Tiba-tiba Tata memelukku, membisikkan kata “aku sayang sama kamu pam…” Lalu aku mencium bibir lembutnya, ditengah hujan rintik Akihabara.

“True love will come to someone who wants to fight for it.” -Ammarsha Rewindra
Writer : @Agung_PZS / #AG

0 komentar:

Posting Komentar