Minggu, 05 Oktober 2014

[Artikel] Pajama Drive Revival Show 2 Dalam Angka

Pajama Drive Revival Show 2 Dalam Angka


Sebenarnya sudah banyak ulasan mengenai hasil akhir Pajama Drive Revival Show (PDRS) season 2 yang beredar, mulai dari isu seputar pecahnya kebergunaan koalisi, hingga interpretasinya dalam popularitas member dan masa depan member. Akan tetapi, bagaimana hasil PDRS season 2 saat ini apabila dilihat dari angka?
Berikut adalah ulasan Pajama Drive Revival Show season 2 dalam angka versi Idolgraphy 
- Apa yang bisa kita lihat dari Total Votes? -
Pada hasil akhir PDRS season 2 ini, JOT memperlihatkan 42 nama dari 72 member yang dapat dipilih. 16 di antaranya akan menjadi ‘senbatsu’ di unit song terpilih seperti: Tenshi no Sippo, Pajama Drive, Junjou Shugi, Temodemo no Namida, dan Kagami no Naka no Jeanne D’Arc.
Nah, siapa saja 16 member terpilih itu tampaknya sudah sering dibahas di tulisan lain, sekarang saatnya kita melihat sisi yang lainnya.


Gambar di atas adalah perolehan suara dari tiap member di PDRS season 2 kali ini, tabel paling kanan adalah total suaranya kalau suara-suara di tiap unit song dijumlahkan.
Masih terlihat biasa saja yah? Mari coba kita ubah urutan tabelnya. Kita urutkan total suaranya dari yang tertinggi ke yang terendah.
Wah, sudah terlihat yah? Jadi apa saja yang menarik dari PDRS season 2 ini?
  • Melody masih menjadi ultimate centernya JKT48. Total votesnya masih kokoh di puncak denganminimal 56.299 suara.
  • Natalia secara mengejutkan tampil sebagai runner up dalam hal pengumpulan suara total. Kalau saja fansnya kompak men-vote Natalia di satu unit song, bukan tidak mungkin Natalia akan jadi ‘senbatsu’ di PDRS season 2 kali ini. Natalia bisa menjadi senbatsu di unit song manapun.
  • Elaine Hartanto adalah trainee pertama yang berhasil menembus senbatsu PDRS season 2. Peringkat total suaranya bahkan berada di urutan ke-9. Sebuah prestasi tak terduga dari trainee yang mungkin juga didukung oleh koalisi yang kuat. Perolehan suara Andela Yuwono berada jauh di bawah Elaine, walau Andela masih menjadi gen 3 dengan perolehan suara tertinggi kedua.
  • Apabila fans Nabilah dan Yupi memusatkan suara mereka di satu unit song, bukan tidak mungkin kedua member langganan senbatsu ini akan tembus senbatsu juga di PDRS kali ini.
  • Nasib apes juga dialami Lidya, perolehan total suaranya sanggup membuat dia menjadi senbatsu di unit song manapun kecuali Junjou Shugi. Andai fansnya fokus di koalisi Pajama Drive, Lidya bisa saja menemani Dhike tampil sebagai senbatsu di unit song Pajama Drive.
  • Dari 16 member yang terpilih dalam senbatsu sousenkyo kemarin, hanya 10 member yang berhasil masuk ke PDRS season 2 ini. 6 sisanya adalah member yang tidak masuk dalam 16 besar senbatsu sousenkyo JKT48 kemarin.
Apakah kalian punya pendapat lain soal angka-angka di atas? Jangan lupa di kolom komentar di bawah yah.
- Unit Song Mana yang Paling Keras Persaingannya? -
Kali ini, saya akan menggunakan metode ekuivalensi sebab cara voting di PDRS memang unik.
Mari kita jumlah semua suara yang terkumpul dari masing-masing member untuk tiap unit song, lalu membaginya dengan jumlah masing-masing kuota senbatsu tiap unit song (3 untuk TNS, PD, JS; 2 untuk TNN; dan 5 untuk KNNJD) sehingga didapatkan jumlah vote ter-ekuivalensi.
Apa sih yang dimaksud jumlah vote ter-ekuivalensi? Jadi di PDRS, setiap fans melakukan vote yang memuat lebih dari satu nama member. Setiap unit song memiliki kuota sendiri-sendiri (3 untuk TNS, PD, JS; 2 untuk TNN; dan 5 untuk KNNJD). Nah, dengan membagi jumlah perolehan suara di tiap unit song itu dengan kuota member di tiap unit song, kita akan dapat kira-kira jumlah SMS yang masuk untuk member/unit song itu.
Nilai vote ter-ekuivalensi ini bisa menjadi salah satu parameter yang menggambarkan kerasnya persaingan di unit song tersebut. Makin besar nilai, makin keras persaingannya.

Ternyata unit song Temodemo no Namida memiliki jumlah vote ter-ekuivalensi paling besar dibanding unit song lainnya (86294) disusul Junjou Shugi (82795), Kagami (73181), Pajama Drive (64033), dan Tenshi no Sippo (51702).
Nah, saya melihat kerasnya persaingan di tiap unit song dari banyaknya vote ter-ekuivalensi, apakah kalian punya pendapat lainnya? Sampaikan di kolom komentar yah.
- Lalu, Bagaimana dengan Jumlah Vote Ter-ekuivalensi untuk Masing-Masing Member? -
Mengapa kita menggunakan metode ekuivalensi vote lagi? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, metode ekuivalensi bisa menggambarkan jumlah SMS sebenarnya yang masuk untuk member masing-masing. Secara tidak langsung, ini bisa menggambarkan member mana yang paling banyak divoting di PDRS kali ini.
Apabila menggunakan metode ekuivalensi, siapakah 16 member yang mendapatkan perolehan suara tertinggi di PDRS season 2 ini? Mari kita lihat sama-sama tabel berikut ini.

Tanpa terduga, ternyata banyak nama member yang jarang langganan senbatsu masuk dalam 16 besar member pilihan fans. Melody dan Haruka masih tetap kokoh di puncak, sementara Veranda terlempar jauh ke urutan 23.
Frieska terlihat kokoh di posisi ketiga mengalahkan member lain yang punya sejarah fanbase yang kuat dan solid pada event voting seperti ini. Akan tetapi, apakah fanbase Frieska memang sekarang sekuat itu? Sulit mengiyakannya karena tak bisa dipungkiri bahwa Frieska adalah satu paket dengan Melody dalam PDRS kali ini. Bisa jadi tingginya suara Frieska dalam voting kali ini karena ‘dorongan’ dari fans Melody juga. Ini yang membuat hasil PDRS sulit dijadikan acuan untuk memetakan kekuatan fanbase tiap member.
Walau sulit menentukan kekuatan fanbase berdasarkan hasil di PDRS season 2 ini meskipun telah menggunakan metode ekuivalensi, setidaknya kita bisa tahu jumlah minimal sms yang masuk pada PDRS season 2 ini. Ya, apabila menjumlahkan total vote ekuivalensi untuk tiap-tiap member, kalian akan mendapatkan angka 358.006 suara. Itu adalah jumlah sms minimum yang masuk ke PDRS season 2 kali ini.
Source : @IDOLgraphy
Writer : @Agung_PZS / #AG

0 komentar:

Posting Komentar