Sabtu, 18 Oktober 2014

[Fanfict] Hai Vanka Inspired By : @Vanka_JKT48


Tampak terlihat di depan gerbang sekolah bertuliskan SMK 109, disini lah aku mencari ilmu. Entah kenapa harus ada angka 109 dinama sekolah ku, mungkin lebih dekat dengan angka 108 atau 110. Hm … ngaco. Disini dibagi dalam berbagai macam bidang, ada multimedia, perhotelan, tata boga sampai ada kelas khusus untuk para atlet. “Kebetulan” aku masuk dalam kategori dibidang atlet, aku atlet sepakbola. Bukannya sombong tapi aku cukup mahir menggocek bola dan memasukannya ke gawang lawan. Ngomongin cinta, jujur menggocek hati cewek tuh nggak segampang menggocek bola dan alhasil aku terperangkap offside dihatinya.
Jam istirahat sekolah biasanya aku mampir ke kantin sebentar terus lanjut main futsal di lapangan sekolah, wajar kan atlet. Kalo istirahat bareng aco tuh seru, cowok paling nyentrik di sekolah ini. Tebar pesona ke setiap wanita, tapi semua wanita itu menolaknya. Kasian. Oh iya aco itu teman sekelasku, nama aslinya sih Irfan tapi aku nggak tau asal nama panggilannya yang aneh itu (“aco”).
“Hey bradah, ada cewek yang lagi makan siomay, ada yang lagi makan mie ayam, ada yang lagi makan bakso. Lo pilih yang mana ? gue comblangin deh.” Sahut aco sambil manaikan jambul di rambutnya.
“Mending gue ikut kontak jodoh di koran daripada di comblangin lo..” Balasku.
“Muna deh lo Ngga, gue tau kok isi perasaan lo tuh kesepian..” Balas aco.
“Ha? Tahu darimana lo ?! Dukun ya ? Apa cucunya eyang busur ?” balasku.
“Enak aje, eyang busur mah temen gue TK. Gue kan kemaren baca diary lo ngga hehe abis gue penasaran sama buku yang lo pegang terus kemana-mana..” Balas aco.
 “Eh gokil lo Co, itu kan buku tentang perasaan gue!!”
 “Perasaan lo kan perasaan gue juga Ngga, masa sama temen saling menyembunyikan. Kan tidak baik..” Balas Aco.
“Eh, Co lo kalo ngomong pake bahasa baku gitu kaya pengacara deh..” Balasku.
“Ah serius lo Ngga ?”
“Ya serius lah, emang kaya pengacara. Pengacara gagal maksudnya haha..” Balasku meledek.
“Ku kira kau sungguhan, ternyata … tujuan mu hanya menertawaiku. Aku kecewa.” Balas Aco cukup mendramatisir.
“Yaudah nanti gue daftarin lu Co biar jadi lawyer. Lawyer itu binatang yang suka ada di tempat sampah.” Balasku.
“ITU LALER!!”
Kami berdua pun berpaling dari kantin dan mulai berjalan menuju lapangan futsal. Sesampainya di lapangan, sedang ada perbaikan lapangan. Memperbaiki garis putih di lapangan sekolah. Aku pun hanya duduk-duduk santai di bawah pohon cherry dekat lapangan.
          Sekilas lewat tiga siswi multimedia di hadapanku, tapi hanya satu yang memikat pandanganku. Vanka nama siswi itu, manis wajahnya. Kalau di pandang terus menerus bisa sakit gigi, bahkan bisa terkena diabetes stadium akhir. Aku rela kena diabetes. Deketin apa nggak ? memang susah memilih salah satu dari dua pilihan. Agak jutek sih orangnya, tapi disini tantangannya.
“Hai Vanka …” panggilku.
“Iya..” balas vanka.
“Kamu mau kemana?” balasku.
“Kepo deh” balas vanka.
Mereka bertiga pun meninggalkanku, sakit hati sih engga namanya juga usaha. Kalau mulus di awal, takut aja berantakan di akhirnya. Keberhasilan itu berawal dari kesungguhan dan ketekunan. Nggak usah buru-buru, kaya lagi di kejar polisi aja.
•••
“Kenapa Ngga ? Masih mikir-mikir mau di comblangin gue ?”
“Engga sih … Bantuin usaha gue deketin Vanka aja. Usaha keras itu kan nggak akan mengkhinati..” Balasku.
“Setahu gue usaha lo selalu gagal ngga kalo menyerempet soal perempuan..” Balas Aco.
“Serempet ? Truk kali Co suka nyerempet..” Balas aku.
“Yeh, baru kali ini gue liat pemain bola kesepian, biasanya kan playboy..” Balas aco.
“Biasanya playboy ? Berarti gue limited edition..” Balasku sambil merapihkan kerah baju.
“Playboy juga boleh … Limited edition juga boleh..” Balas aco meledekku.
Usaha tapi nggak di barengi sama do’a ya sama aja bohong, usaha 10% dan doa’anya 90%. Engga tau kenapa aku jadi lebih pengen deket aja sama Vanka, jadi “khilove” begini. Jalani dulu ini kan baru awal, berhasil dan gagalnya itu yang menentukan usaha kita. Hm … tergantung sama niatnya juga sih.
          Jadwalnya pulang sekolah, bel pun berbunyi. Kalau jam pulang begini biasanya murid-murid tuh rusuh mau pulang, namanya juga anak SMK (Semakin Maraknya Kerusuhan). Kalau melihat Vanka sama komplotannya berjalan tuh serasa aku ada di peragaan busana terkenal dan melihat mereka yang berjalan diatas catwalknya, adem aja kalau dipandang mata. Tapi cuma satu minusnya, dia jutek. Sapa dia lagi apa engga ? serba salah, serasa perut ini lapar, mau makan tapi nggak punya uang. Nggak mau jadi superman, spiderman, apalagi ultraman, aku hanya mau jadi gentle man.
 “Hai Vanka …” serasa de javu aku mengucap kata-kata ini.
“Situ oke ? Jauh-jauh deh dari Vanka..” Sahut temannya vanka yang katanya sih anak gaul.
“Emang cuma mau kenal lebih deket aja salah ya ?” balasku.
“Vanka tuh alergi deket-deket orang yang kaya lo..” Sahut temannya yang sok bule.
“Ada apalagi ? Lo mau anterin gue balik ? Sorry gue udah di jemput..” Sahut vanka.
“Ta .. Tapi …”
Mereka meninggalkanku, serendah apa aku dimata mereka ? diacuhkan seperti tak berharga. Mungkin aku lebih rendah dari sebuah harga sandal jepit.
“Lo kenapa Ngga ?” sahut Aco menghampiriku.
“Lo tau lagunya Ebit G. Ade nggak ? Seperti terhempas batu jalanan ……” Balasku.
“Lo di cuekin lagi ? Wajar lah cewek cantik ya … Jual mahal dulu..” Balas aco.
“Ini rasanya sakit lho Co, kaya disembelih secara perlahan..” Balasku.
“Kaya kambing aja lo Ngga, inget kata-kata pemadam kebakaran ngga “Pantang Pulang Sebelum Padam”. Yauda balik yuk..” Balas Aco.
Pulang ke rumah, emang nggak ada tempat yang paling tentram selain di rumah. Nggak ada tempat yang paling nyaman selain dikamar sendiri. Bagi aku kamar itu tempat curhat, segala ekspresiku aku keluarin disini. Disini aku mulai merasakan, aku terserang cinta buta. Ya … Cinta memang buta tapi, cinta bisa membedakan mana mobil, mana motor. Aku nggak punya harta tapi aku punya prestasi, itu yang membuat aku bangga.
•••
Hari ini, aku ke sekolah dan masih membawa usaha ku untuk mendapat perhatiannya Vanka. Andai saja perhatian itu bisa di beli dengan uang, aku rela puasa demi itu. Ku bawakan sesuatu untuknya, sesuatu .. yang ada dihatimu … kaya syahrini ya jadinya.
“Hey Co, gimana ? Masih mau bantuin gue ?” sahutku.
“Bantuin apa Ngga ?” balas Aco.
“Angkat jemuran tuh udah mendung, ya engga lah. Yang kemaren … jangan pura-pura amnesia deh Co, kaya di ftv aja..” Balasku.
“Oh iya yang soal gadis jutek itu ? … Ftv ? Ketinggian Ngga, kaya cerpen aja dulu..” Balas Aco.
“Namanya Vanka, bukan si gadis jutek. Tapi emang jutek sih, biarin deh..” Balasku.
“Ceritanya lo mau konsultasi sama gue nih ? Kenapa nggak ke klink tong-tong aja ?” balas Aco.
“Kalo abis dari klinik tong-tong pasti ngomong begini “dulu saya menderita insomnia tetapi setelah saya ke klinik tong-tong saya amnesia” kan nggak enak Co..” balasku.
“Oh iya bener juga sih …” balas aco.
Bel pelajaran pertama berbunyi, kami berdua pun memasuki kelas. Pelajaran pertama itu Bahasa Indonesia, lumayan buat nambah-nambah pengetahuan buat bikin cerpen hehe. Pelajaran berjalan dengan kondusif.
“Co, ke kantin yuk … Di perut gue udah pada demo nih tadi pagi nggak sempet sarapan..” Sahutku.
“Curhat yuk …” balas Aco meledekku.
“Dasar korban acara tv pagi begini nih..” Balasku.
Aku dan Aco pun berjalan menuju kantin, tiba-tiba kaki ku berhenti sendirinya, mataku pun focus melihat ke arah depan. Bak melihat Ms. Universe di depan mata, ya … dia Vanka tepat berada didepanku. Tanpa rasa ragu, ku hampiri dia.
“Hai Vanka ……” panggilku.
“Iya..” Balasnya.
“Sendirian ? Lagi nunggu siapa disini ?” balasku.
“Emang mau tau banget ?” balas Vanka sambil meninggalkan aku lagi.
Rasanya kaya terjun ke bawah dari lantai 63 tanpa parasut, hancur berantakan. Memang sudah seharusnya aku menggocek bola, bukan mengocek hatinya Vanka.
“Co … Gue mau pulang walaupun belum padam..” Sahutku.
“Ngga, lo udah start … Harus sampai finish lah..” Balas aco.
“Gue hanya butiran debu di tengah padang pasir..” Balasku.
“Batu aja bisa hancur karna air, masa lo naklukin hati Vanka aja nggak bisa. Ayo dong berusaha!!” balas Aco.
“Cinta gue hanya sebatas sapaan ………”
Keesokan harinya di sekolah, aku sedang duduk di bangkuku. Terlihat Aco sedang berjalan menghampiriku.
“Ngga, yakin lo udah nggak mau usaha lagi ?” sahut Aco.
“Yakin …”
“Engga nyesel ?”
“Buat apa gue nyesel..”
“Oh gitu … Yauda gue cuma mau ngasih tau aja, hari ini hari terakhir Vanka ada di sekolah ini. Sekarang dia ada didepan gerbang sekolah ada salam perpisahan sama guru-guru..” Balas Aco.
“Ha ?! Serius lo Co ?!” balasku.
“Serius udah bubar! Katanya mau jadi gentle man, susul dia lah..” Balas Aco.
Ku berlari kau terdiam, itu harapanku. Mengejar Vanka tanpa lelah. Ku lihat guru-guru mulai berjalan ke arah kantor, aku terlambat ? aku terus berlari menuju gerbang sekolah, aku yakin masih ada Vanka disana. Ketika kita yakin hiraukan yang ada disekitar mu. Sesampainnya di gerbang sekolah, huh … masih terlihat dia sedang ingin menaiki mobilnya.
“Vankaaaa ………” panggilku.
“Iya, lo ? ada apa lagi ?” balas vanka.
“Aku cuma mau kasih ini, semoga berkenang dan selalu di kenang..” Balasku.
“Oh iya makasih, gue minta maaf kalo ada perkataan dan tingkah laku gue ke lo yang kurang berkenan. Gue mau pamit, makasih ya..” Balas vanka.
“Iya sama-sama, walaupun kita jauh tapi aku selalu ada untuk kamu. Hati-hati ya..” Balasku sambil mengelus dada.
Dia hanya melemparkan senyumnya yang manis kepadaku, lalu masuk ke dalam mobilnya. Cinta ku pun terbalas dan bukan lagi sekedar sapaan. Tapi sapaan itu selalu ada untukmu.
“Hai Vanka..”

Writer : @Agung_PZS / #AG

1 komentar:

  1. Keren sensei. Awalnya bikin ketawa. Endingnya....:')

    BalasHapus